Detail Cantuman Kembali
RANDI MEIKA PERMADI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SDN 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Randi Meika Permadi, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Dibawah bimbingan Drs. Sunarno, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Kusdar, M.Ag selaku pembimbing II.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, perpindahan kalor.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang pada materi pelajaran IPA. Hal ini disebabkan olehguru yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga ketertarikan siswa terhadap materi IPA kurang. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangberlangsung dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V A SDN 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 dengansubjek penelitian yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari laki-laki yang berjumlah 15 orang siswa dan perempuan berjumlah 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, observasi aktivitas guru, dan observasi aktivitas siswa.
Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan lebih dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari nilai dasar ke siklus I sebesar 12.80% dengan rata-rata 64.96 dan persentase ketuntasan 48% (13 siswa tuntas), pada nilai dasar ke siklus II peningkatan hasil belajar sebesar 39.97% dengan rata-rata 80.61 dan persentase ketuntasan 89% (24 siswa tuntas)
Dengan adanya hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapatmenjadi pengetahuan baru dan dapat digunakan kembali oleh peneliti lain dengan mengembangkan berbagai inovasi pada saat pembelajaran. Sedangkan bagi guru, penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing ini menjadi solusi meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa. Pemahaman materi dan keaktifan siswa juga dapat meningkat.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SDN 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang RANDI MEIKA PERMADI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua