Detail Cantuman Kembali
AHMAD BUSYAIRI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCHOOLOGY DAN QUIPPER SCHOOL PADA MATERI MAIL MERGE KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019


Ahmad Busyairi, 2018. Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi Schoology dan Quipper School pada materi Mail Merge kelas X AP di SMK Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Haerudin M.Si selaku pembimbing I dan Sulung Alfianto, S.Kom., MMSI. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi Schoology dan Quipper School pada materi Mail Merge kelas X AP di SMK Negeri 1 Samarinda. Sampel penelitian diambil dari populasi kelas X dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, didapat kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X AP 1 dan X AP 2 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang pada kelas X AP 1 dan 35 orang pada kelas X AP 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-eksperimental. Kedua kelas dilakukan uji normalitas dengan hasil pada kelas X AP 1 nilai sig (P) 0,163 > 0,05 maka Ho diterima sehingga data berdistribusi normal dan pada kelas X AP 2 nilai sig (P) 0,071 > 0,05 maka Ho diterima sehingga data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dengan hasil analisis t hitung = t table , yaitu 0,06 < 1,99 maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan kedua sampel tidak memiliki perbedaan daya serap belajar.Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis yang digunakan yaitu soal post test dan ulangan harian sedangkan non tes berupa data dokumentasi dan observasi.
Teknik pengolahan data yaitu berupa nilai post test, nilai ulangan harian dan nilaiakhir. Kemudian Teknik analisis data dilakukan melalui perhitungan nilai post test dan ulangan harian yang didapat dari hasil kerja siswa dengan menggunakanaplikasi Schoology dan Quipper School. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas Schoology adalah 60,62 dan kelas Quipper School adalah 76,79. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji F didapat hasil yaitu F hitung = 1,82 dan F table = 1,77, sehingga F hitung > F table maka Ho ditolak sehingga didapat variansi kedua sampel adalah heterogen. Kemudian dilakukan uji lanjut yaitu uji t, dimana diperoleh t hitung = 6,27 dan t tabel = 1,99, sehingga t hitung maka H diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi Schoology dan Quipper School pada materi Mail Merge kelas X AP di SMK Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quipper School lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Schoology, Quipper School

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCHOOLOGY DAN QUIPPER SCHOOL PADA MATERI MAIL MERGE KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang AHMAD BUSYAIRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua