Detail Cantuman Kembali
FULAN HANDAYANI - Personal Name

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP USAHA DAN ENERGI PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA


Pembelajaran discovery merupakan sebuah model pembelajaran yang berfokus untuk proses penemuan secara mandiri atau menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pemahaman konsep siswa merupakan kemampuan memahami dan mengerti serta dapat menyajikan suatu konsep yang telah dipahami dalam bentuk lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Samarinda dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas X MIPA 3 sebanyak 33 siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.

Pengambilan data menggunakan metode test dan dilaksanakan di akhir pembelajaran (post-test). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diperoleh nilai rata-rata sebesar 77.65, sebanyak 25 siswa (76%) telah mencapai ketuntasan minimum yaitu 75, sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi termasuk kedalam kategori sangat baik.

Kata Kunci : Pembelajaran Discovery, Pemahaman Konsep, Materi Usaha dan Energi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP USAHA DAN ENERGI PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA
Pengarang FULAN HANDAYANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pembelajaran Discovery, Pemahaman Konsep, Materi U
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua