ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP USAHA DAN ENERGI PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA
Pembelajaran discovery merupakan sebuah model pembelajaran yang berfokus untuk proses penemuan secara mandiri atau menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pemahaman konsep siswa merupakan kemampuan memahami dan mengerti serta dapat menyajikan suatu konsep yang telah dipahami dalam bentuk lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Samarinda dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas X MIPA 3 sebanyak 33 siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.
Pengambilan data menggunakan metode test dan dilaksanakan di akhir pembelajaran (post-test). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diperoleh nilai rata-rata sebesar 77.65, sebanyak 25 siswa (76%) telah mencapai ketuntasan minimum yaitu 75, sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi termasuk kedalam kategori sangat baik.
Kata Kunci : Pembelajaran Discovery, Pemahaman Konsep, Materi Usaha dan Energi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP USAHA DAN ENERGI PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | FULAN HANDAYANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Pembelajaran Discovery, Pemahaman Konsep, Materi U |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY