Detail Cantuman Kembali
Erma Yunita Mustafa - Personal Name

KEPENTINGAN TURKI UNTUK BERGABUNG DENGAN SCO (SHANGHAI COOPERATION ORGANIZATION)


Erma Yunita Mustafa NIM 1202045062, Kepentingan Turki Untuk Bergabung Dengan SCO (Shanghai Cooperation Organization). Di bawah bimbingan Bapak Chairul Aftah, S.IP, MIA selaku Pembimbing, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kepentingan Turki untuk bergabung dengan Shanghai Cooperarion Organization (SCO). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif, teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif dan menggunakan data sekunder yang bersumber dari internet dan kepustakaan. Dalam menjelaskan kepentingan Turki untuk bergabung dengan Shanghai Cooperation Organization (SCO), penulis menggunkan Konsep Keamanan Regional dan Konsep Kepentingan Nasional.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan Turki untuk bergabung secara penuh dengan SCO ialah didasari oleh adanya kepentingan nasional yang dikembangkan oleh AKP, yakni kepentingan keamanan dan kepentingan ekonomi. Dalam kepentingan keamanan, Turki berkeinginan untuk mencegah kejahatan trans-nasional yakni perdagangan narkoba dan penyebaran pengaruh terorisme, disamping adanya ketidakpastian Turki dalam keanggotaanya di Uni Eropa. Dalam kepentingan ekonomi yakni Turki ingin meningkatkan GDP nasional dengan menjalin kerjasama perdagangan bebas dengan negara-negara anggota SCO terutama Rusia dan China serta untuk memenuhi kebutuhan energi domestik dan pasar Eropa dalam sektor energi maka Turki meluaskan kerjasama dengan bergabung dengan SCO yang memiliki anggota dengan cadangan energi terbesar di dunia, sehingga posisi Turki dapat menjadi negara pemasok energi dari Asia menuju Eropa.

Kata Kunci : Kepentingan, Turki, Shanghai Cooperation Organization

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEPENTINGAN TURKI UNTUK BERGABUNG DENGAN SCO (SHANGHAI COOPERATION ORGANIZATION)
Pengarang Erma Yunita Mustafa - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kepentingan, Turki, Shanghai Cooperation Organizat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua