Detail Cantuman Kembali
Riyan Febrianto - Personal Name

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA GASTRITIS DI PUSKESMAS JUANDA SAMARINDA 2017/20218


Persentase dari angka kejadian gastritis di Indonesia menurut WHO adalah 40,8%. Angka kejadian gastritis pada beberapa daerah di Indonesia cukup tinggi dengan prevalensi 274,396 kasus dari 238,452,952 jiwa penduduk (Rahmi, 2011).

Hasil studi pendahuluan, di Puskesmas Juanda, pada bulan Agustus – Oktober 2017 terdapat 118 pasien dengan gastritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kejadian gastritis di Puskesmas Juanda. Penelitian ini adalah deskritif survey. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrument penelitian menggunakan lembar kuesioner.

Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisa univariat (median dan distribusi frekuensi). Dari hasil penelitian didapatkan karakteristik responden penelitian di Puskesmas Juanda yaitu sebagian besar responden berada dalam kelompok usia >40 tahun sebanyak 15 responden (50.0%), usia 1jt/bln) sebanyak 27 orang (90.0%),sebagian besar responden dengan pola makan baik sebanyak 19 orang (63.4%).

Dapat di simpulkan bahwa gambaran faktor yang menyebabkan terjadinya gastritis di Puskesmas Juanda terbanyak adalah faktor usia, jenis kelamin dan pola makan.

Kata kunci : Gastritis, usia, jenis kelamin, sosial ekonomi, pola makan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA GASTRITIS DI PUSKESMAS JUANDA SAMARINDA 2017/20218
Pengarang Riyan Febrianto - Personal Name
No. Panggil
Subyek Gastritis, usia, jenis kelamin, sosial ekonomi, po
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua