Detail Cantuman Kembali

HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA USIA REMAJA DI PONDOK PESANTREN AL MADINA SAMARINDA


Kemandirian memiliki peranan penting dalam perkembangan remaja di usia awal, karena pada usia itu remaja mengalami masa peralihan menjadi usia dewasa. Remaja yang menuntut ilmu di pondok pesantren bukan hanya belajar secara akademis namun juga diajarkan untuk belajar mandiri dan mampu mengatur sendiri proses kognitif agar dapat mencapai kesuksesan belajar yaitu self regulated learning.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kemandirian dengan self regulated learning pada usia remaja di pondok pesantren Al Madina Samarinda. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 96 siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan program Statistical Package For Social Science (SPSS) 20.0 for Windows 7. Berdasarkan hasil pengujian kedua variabel yang telah dilakukan dengan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara variabel kemandirian dengan self regulated learning yaitu r = 0.487 dan p = 0.000, bahwa hal ini menunjukkan hasil penelitian memiliki korelasi yang berhubungan.

Kata kunci : self regulated learning, kemandirian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA USIA REMAJA DI PONDOK PESANTREN AL MADINA SAMARINDA
Pengarang Ma’aarij Kharindra Sari - Personal Name
No. Panggil
Subyek self regulated learning, kemandirian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua