HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA USIA REMAJA DI PONDOK PESANTREN AL MADINA SAMARINDA
Kemandirian memiliki peranan penting dalam perkembangan remaja di usia awal, karena pada usia itu remaja mengalami masa peralihan menjadi usia dewasa. Remaja yang menuntut ilmu di pondok pesantren bukan hanya belajar secara akademis namun juga diajarkan untuk belajar mandiri dan mampu mengatur sendiri proses kognitif agar dapat mencapai kesuksesan belajar yaitu self regulated learning.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kemandirian dengan self regulated learning pada usia remaja di pondok pesantren Al Madina Samarinda. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 96 siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan program Statistical Package For Social Science (SPSS) 20.0 for Windows 7. Berdasarkan hasil pengujian kedua variabel yang telah dilakukan dengan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa besarnya hubungan antara variabel kemandirian dengan self regulated learning yaitu r = 0.487 dan p = 0.000, bahwa hal ini menunjukkan hasil penelitian memiliki korelasi yang berhubungan.
Kata kunci : self regulated learning, kemandirian
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA USIA REMAJA DI PONDOK PESANTREN AL MADINA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Ma’aarij Kharindra Sari - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | self regulated learning, kemandirian |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY