Detail Cantuman Kembali
Devi Salfira Pratiwi - Personal Name

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANGGOTA KELUARGA DENGAN SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH ATMA HUSADA MAHAKAM SAMARINDA


Skizofrenia adalah gangguan psikologis yang parah yang ditandai dengan proses berpikir yang sangat terganggu. Keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan skizofrenia memiliki rasa takut, rasa bersalah, stress dan cemas karena kurangnya informasi yang didapatkan oleh keluarga, bahkan terkadang mengalami kekhawatiran dengan kemampuan dan tidak percaya diri dalam merawat anggota keluarganya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui Tingkat Kecemasan Keluarga Yang Memiliki Anggota Keluarga Dengan Skizofrenia Di Poliklinik Rawat Jalan RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan di Poliklinik Rawat Jalan RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda pada bulan Januari - Februari 2018 dengan 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Dari hasil penelitian didapatkan dari 30 responden, 4 responden (13,3%) tidak mengalami kecemasan, 15 responden (50%) mengalami cemas ringan, 10 responden (33,3%) mengalami cemas sedang, 1 responden (3,3%) mengalami cemas berat dan tidak ada satupun responden yang mengalami kepanikan.

Hasil penelitian membahas tentang tingkat kecemasan keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan skizofrenia di Poliklinik Rawat Jalan RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda berdasarkan status sebagai keluarga, usia, jenis kelamin dan hubungan dengan pasien. Penelitian ini direkomendasikan untuk institusi pendidikan, pelayanan kesehatan, keluarga dan peneliti selanjutnya.

Kata Kunci : Kecemasan, Keluarga, Skizofrenia

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA YANG MEMILIKI ANGGOTA KELUARGA DENGAN SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH ATMA HUSADA MAHAKAM SAMARINDA
Pengarang Devi Salfira Pratiwi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kecemasan, Keluarga, Skizofrenia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua