PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA [POHON HURUF UNTUK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS TAHOL KECAMATAN MALINAU UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media Pohon Huruf pada anak kelompok B di PAUD Tunas Tahol. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 23 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media Pohon Huruf.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan Kegiatan Langsung oleh Anak.. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Penelitian Tindakan Kelas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B Paud Tunas Tahol dapat ditingkatkan menggunakan media Pohon Huruf dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada Pohon Huruf dengan cara masing-masing anakmembawa/memegang Huruf secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf.
Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, media kartu kata , PAUD
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA [POHON HURUF UNTUK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS TAHOL KECAMATAN MALINAU UTARA |
---|---|
Pengarang | RENITA OKTAVIANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY