Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ALFI ISMAYADI - Personal Name

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI CABAI (Capsicum sp.) DI KECAMATAN SAMARINDA ULUKOTA SAMARINDA


MUHAMMAD ALFI ISMAYADI. Analisis Pendapatan Usaha Tani Cabai (Capsicum sp.) di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2017. (di bawah bimbingan Eko Harri Yulianto dan Midiansyah Effendi).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang diperoleh para petani cabai yang melakukan usaha tani cabai di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan usaha tani cabai di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda.

Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Maret sampai Mei 2017, di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah secara sensus berdasarkan banyaknya petani yang mengusahakan tanaman cabai. Sampel yang digunakan sebanyak 23 responden yaitu petani cabai.

Data yang digunakan berdasarkan data primer dan sekunder, selanjutnya dianalisis dan dihitung berapa besarnya pendapatan petani dan keuntungan usaha tani tersebut. Hasil penelitian diperoleh bahwa pendapatan usaha tani cabai dari 23 responden adalah sebesar Rp.121.042.100,- R/C ratio yang diperoleh sebesar 3,60. Hal tersebut menunjukkan masyarakat yang mengusahakan usaha tani cabai di Kecamatan Samarinda Ulu berada dalam keadaan menguntungkan atau dengan kata lain usaha tani tanaman cabai layak untuk diusahakan.

Kata kunci: Analisis, Cabai, Pendapatan, R/C Ratio

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI CABAI (Capsicum sp.) DI KECAMATAN SAMARINDA ULUKOTA SAMARINDA
Pengarang MUHAMMAD ALFI ISMAYADI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Analisis, Cabai, Pendapatan, R/C Ratio
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua