Detail Cantuman Kembali
NURHIDAYAH - Personal Name

MODEL LOG LINIER TABEL KONTINGENSI SEMPURNA BERDIMENSI TIGA (Studi Kasus: Jumlah Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman yang memiliki IPK  3,00 Angkatan 2010 dan 2011 Menurut Tes Jalur Masuk, Asal Sekolah dan Status Sekolah)

Nurhidayah, 2014 “Model Log Linier Tabel Kontingensi Sempurna Berdimensi Tiga (Studi Kasus: Jumlah Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman yang memiliki IPK  3,00 Angkatan 2010 dan 2011 Menurut Tes Jalur Masuk, Asal Sekolah dan Status Sekolah)” dibawah bimbingan Ibu Desi Yuniarti, S.Si, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Darnah A Nohe, S.Si, M.Si selaku pembimbing II. Model log linier yaitu salah satu cara menganalisis data kategorik yang tidak membedakan antara variabel penjelas dan variabel respon. Tabel kontingensi biasanya berbentuk sempurna, tetapi ada juga yang berbentuk tak sempurna. Disebut tabel kontingensi sempurna karena tabel tersebut tidak ada sel kosong. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan analisis model Log linier untuk tabel kontingensi sempurna berdimensi tiga, serta penerapannya pada data IPK mahasiswa statistika angkatan 2010 dan 2011 menurut tes jalur masuk, asal sekolah dan status sekolah. Analisis model Log linier terlebih dahulu harus membentuk beberapa model yang terkait. Setelah pembentukan model selanjutnya menghitung statistik cukup minimal dan estimasi persamaan Likelihoodnya. Selanjutnya estimasi frekuensi harapan kemudian dilakukan Uji Goodness of Fit untuk pemilihan model yang sesuai. Apabila pemilihan model telah memenuhi kriteria ada dua model atau lebih maka dilakukan partisi chi square. Model terbaik dipilih yang mempunyai nilai statistik rasio Likelihood yang paling kecil kemudian dilakukan analisis residual. Hasil analisis data menggunakan data IPK mahasiswa statistika angkatan 2010 dan 2011 menurut tes jalur masuk, asal sekolah dan status sekolah diperoleh bahwa model terbaik yaitu model (XYZ). Model ini menunjukkan bahwa tes jalur masuk (X), asal sekolah (Y) dan status sekolah (Z) saling berinteraksi.

Kata Kunci: Frekuensi harapan, IPK, model log linier, tabel kontingensi, uji Goodness of Fit.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MODEL LOG LINIER TABEL KONTINGENSI SEMPURNA BERDIMENSI TIGA (Studi Kasus: Jumlah Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman yang memiliki IPK  3,00 Angkatan 2010 dan 2011 Menurut Tes Jalur Masuk, Asal Sekolah dan Status Sekolah)
Pengarang NURHIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua