PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 6 BERAU
Model Guided Discovery atau penemuan terbimbing adalah model pengajaran dimana guru memberikan kebebasan siswa untuk menemukan sendiri konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery terhadap hasil belajar fisika (materi momentum dan impuls). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Berau pada siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 siswa dan dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan selama 3 jam pelajaran (3 x 45 menit). Metode yang digunakan dalam model Guided Discovery adalah metode diskusi karena metode diskusi ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan cara belajar dalam berkelompok dan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 79,17 dan sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan belajar minimal yaitu 75. Berdasarkan analisis data diperoleh R Square 0,131 dan Fhitung Ftabel > (4,243 > 4,17) pada taraf 5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Guided Discovery terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Berau pada materi momentum dan impuls.
Kata kunci: Model Guided Discovery dan Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 6 BERAU |
---|---|
Pengarang | Triningsih - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Model Guided Discovery dan Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY