Detail Cantuman Kembali
NURLITA WIJAYA HAFSARI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS III SDN 007 LOA JANAN ILIRTAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Materi: Bangun Datar)


Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas III SDN 007 Loa Janan Ilir pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran matematika tentang model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada siswa kelas III SDN 007 Loa Janan Ilir tahun pemebelajaran 2016/2017 materi bangun datar. Dengan batasan materi keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan tiga siklus dengan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 007 Loa Janan Ilir yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alur penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil nilai siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa nilai tes siswa, rata-rata, persentase ketuntasan, nilai akhir, presentase peningkatan hasil belajar, dan grafik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai dasar hasil belajar matematika siswa memperoleh rata-rata kelas 54,22 atau persentase 27,78% kriteria sangat kurang dengan 10 siswa yang tuntas dan 26 siswa belum tuntas. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan 27,78% dengan rata-rata kelas 69,28 atau 47,22% kriteria kurang dengan 17 siswa yang tuntas dan 19 siswa belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan 43,74% dengan rata-rata kelas 77,94 atau 75% kriteria cukup dengan 27 siswa yang tuntas dan 9 siswa belum tuntas. Pada siklus III Hasil belajar siswa mengalami peningkatan 53,22% dengan rata-rata kelas 83,08 atau 88,89% kriteria baik dengan 32 siswa yang tuntas dan 4 siswa belum tuntas serta telah mencapai indikator yang diharapkan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 007 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2016/2017 materi bangun datar.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Bangun Datar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS III SDN 007 LOA JANAN ILIRTAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Materi: Bangun Datar)
Pengarang NURLITA WIJAYA HAFSARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar Matematika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua