Detail Cantuman Kembali
Faisal Rialdy Suryanata - Personal Name

SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT KEJIWAAN PADA REMAJA



Faisal Rialdy Suryanata. 2015. Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Kejiwaan Pada Remaja. Dibimbing oleh Drs. Abdul. Aziz, M.Si dan Ummul Hairah, MT. Fakultas Teknik Informasi dan Komputer Universitas Mulawarman.
Penyakit kejiwaan pada remaja sangat susah untuk di deteksi, karena penyakit tersebut tidak nampak oleh tubuh, melainkan muncul disebabkan oleh prilaku dan kebiasaan yang terkadang diluar nalar manusia yang menyebabkan tidak mampunya menghindari kejadian yang berakibat buruk pada diri seseorang.
Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu mendeteksi penyakit kejiwaan yang dialami oleh remaja dan dapat memberikan informasi penanganan lebih lanjut terhadap hasil diagnosa yang didapat.
Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode forward chaining dan teknik penelusuran Depth First Search (DFS), dimana untuk mendapatkan suatu hasil diagnosa pengguna harus menjawab beberapa pertanyaan kuisoner yang disediakan oleh sistem ini.
Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan seorang ahli ataupun pakar kejiwaan. Aplikasi ini terdiri dari interface pengelolaan data pasien, interface konsultasi yang berisi daftar pertanyaan sesuai aturan yang telah dibuat kedalam basis pengetahuan dan selanjutnya akan menghasilkan sebuah diagnosa penyakit serta saran berdasarkan penyakit yang telah dideteksi.
Sistem ini selain memudahkan untuk seorang pakar, juga bermanfaat bagi para orang tua untuk memberikan informasi yang berguna dalam dalam mengawasi perkembangan masa remaja anak-anaknya.

Kata kunci : Sistem Pakar Penyakit Kejiwaan Pada Remaja

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT KEJIWAAN PADA REMAJA
Pengarang Faisal Rialdy Suryanata - Personal Name
No. Panggil
Subyek Sistem Pakar Penyakit Kejiwaan Pada Remaja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua