Detail Cantuman Kembali
Rainhard Julima Sianturi - Personal Name

KINERJA PRODUKSI TERNAK BABI LEPAS SAPIH YANG DIBERI PAKAN CAMPURAN DAN PAKAN KOMERSIAL

RAINHARD JULIMA SIANTURI, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2018. Kinerja Produksi Ternak Babi Lepas Sapih Yang Diberi Pakan Campuran dan Pakan Komersial( Di bawah bimbingan Julinda Romauli Manullang dan Roosena Yusuf)

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari tingkat aplikasi standar kebutuhan nutrisi terhadap kinerja babi lepas sapih yang diberi pakan campur dan pakan konsentrat. Tujuan penelitian yaitu mengamati pertumbuhan dan perkembangan babi lepas sapih dengan komposisi pakan yang berbeda, mengamati seberapa besar pertambahan bobot badan babi lepas sapih, mengamati konsumsi pakan pada babi lepas sapih. Penelitian dilakukan selama satu bulan dengan menggunakan 20 ekor babi lepas sapih berumur 8 minggu dengan rataan bobot badan 9,5 kg. Dua jenis ransum yang diuji yaitu ransum Campur(C) dan ransum Komersial(K).

Hasil percobaan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan ransum Konsentrat(K) pada ternak babi memberikan pertambahan bobot badan, konsumsi dan konversi ransum yang lebih baik dibandingkan dengan ransum Campur(C). Pengamatan selanjutnya pada laju pertumbuhan dan mortalitas menunjukkan bahwa ternak babi penerima ransum Konsentrat (K) lebih baik dari pada babi penerima ransum Campur. Hasil penelitian ini adalah pemberian pakan konsentrat sangat berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot badan ternak babi dan tingkat
mortalitas lebih rendah.

Kata Kunci : Babi lepas sapih, Pakan Konsentrat, Pakan Campur.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KINERJA PRODUKSI TERNAK BABI LEPAS SAPIH YANG DIBERI PAKAN CAMPURAN DAN PAKAN KOMERSIAL
Pengarang Rainhard Julima Sianturi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Babi lepas sapih, Pakan Konsentrat, Pakan Campur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua