Detail Cantuman Kembali
Ayu Saidevy - Personal Name

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENYAKIT PARONIKIA PADA SISWA SPN POLDA KALTIM


Paronikia adalah infeksi pada lipatan kuku yang disebabkan oleh kum(bakteri) Streptococcus, ditandai dengan pembengkakan lipatan kuku. Spn polkaltim merupakan sekolah yang rentan terkena penyakit paronikia. Maka daridiadakan penelitian mengenai gambaran pengetahuan dan sikap siswa spn polkaltim.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan di SPN PolKaltim pada tanggal 4 Januari 2018 dengan 30 responden. Pengumpulan damenggunakan kuesioner.
Dari hasil penelitian tentang pengetahuan penyakit paronikia didapatdari 30 responden, 17 responden (56,67%) memiliki pengetahuan baik, responden (43,33%) memiliki pengetahuan cukup, dan tidak ada satupunresponden yang memiliki pengetahuan kurang. Kemudian hasil penelitian tentasikap terhadap penyakit paronikia didapatkan dari 30 responden, 17 responde(56,67%) memiliki sikap positif dan 13 responden (43,33%) memiliki sikanegatif.
Hasil penelitian membahas tentang pengetahuan dan sikap terhadpenyakit paronikia pada siswa di SPN Polda Kaltim. Walaupun pengetahuan sikap siswa spn pada umumnya baik, akan tetapi masih banyak siswa yamemiliki sikap yang kurang dalam pencegahan penyakit paonikia, sehingmorbiditas paronikia masih cukup tinggi. Hal yang terpenting yang hadilakukan adalah menjaga kebersihan diri, seperti selalu menggunakan kaos kayang kering dan bersih, mencuci sepatu, menghindari pemakaian sepatu yalembab.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Paronikia

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENYAKIT PARONIKIA PADA SISWA SPN POLDA KALTIM
Pengarang Ayu Saidevy - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pengetahuan, Sikap, Paronikia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua