Detail Cantuman Kembali
Firdaus Amri Putra - Personal Name

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOMULYO SAMARINDA


Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yaitu bayi menyusu sendiri segera setelah lahir, Sebenarnya bayi manusia seperti bayi mamalia lain mempunyai kemampuan untuk menyusu sendiri. Manfaat Inisiasi Menyusu Dini yaitu bayi dan ibu menjadi lebih tenang, tidak stress, pernafasan dan detak jantung lebih stabil, dikarenakan oleh kontak antara kulit ibu dan bayi. Sentuhan, emutan dan jilatan bayi pada putting ibu akan merangsang pengeluaran hormone oxytosin yang menyebabkan rahim berkontraksi sehingga dapat mengurangi perdarahan.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) di wilayah Puskesmas Sidomulyo pada tingkat baik, cukup, dan kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian diambil di wilayah Puskesmas Sidomulyo pada Februari 2018. Populasi penelitian sebanyak 3 orang dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Variabel tunggal yaitu pengetahuan ibu hamil tentang inisiasi menyusu dini.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang Inisiasi Menyusu Dini di wilayah Puskesmas Sidomulyo dalam kategori baik sebanyak 13 responden (43,3%), kategori cukup yaitu 16 responden (53,3%), kurang yaitu 1 responden (3,4%) Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang Inisiasi Menyusu Dini di wilayah Puskesmas Sidomulyo sebagian besar dalam kategori cukup sebanyak 16 responden (53,3%).

Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu Hamil, Inisiasi Menyusu Dini

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOMULYO SAMARINDA
Pengarang Firdaus Amri Putra - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pengetahuan, Ibu Hamil, Inisiasi Menyusu Dini
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua