Detail Cantuman Kembali
DELLA OKTAVIA SETYORINI - Personal Name

HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN KEJADIAN RUPTUR PERINEUM DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA TAHUN 2016

Nama : Della Oktavia Setyorini
Program Studi : Kedokteran
Judul :Hubungan Faktor Risiko dengan Kejadian Ruptur Perineum di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Tahun 2016
Ruptur perineum merupakan robekan yang terjadi pada perineum setelah melahirkan dan menyebabkan perdarahan pasca persalinan yang dapat menimbulkan kematian ibu. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor risikousia ibu, paritas, partus presipitatus, makrosomia, malpresentasi, ekstraksi vakum, dan ekstraksi forsep dengan kejadian rupture perineum.Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengandesain penelitian studi case control. Pengambilan sampel penelitian ini dipilih secara purposive non random sampling. Diperoleh jumlah sampel 144 dengan rincian 72 sampel kasus dan 72 sampel kontrol yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data diperoleh dari rekam medis di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda tahun 2016.Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan faktor yang berhubungan dengan kejadian ruptur perineum adalah paritas (p = 0,035 OR = 2,268). Sedangkan faktor yang tidak berhubungan adalah usia ibu (p = 0,221), partus presipitatus (p = 0,393), makrosomia (p = 0,620), malpresentasi (p = 0,166), ekstraksi vakum (1,000) dan ekstraksi forsep tidak dapat dianalisa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara paritas dengan kejadian ruptur perineum dan tidak terdapat hubungan antara usia ibu, partus presipitatus, makrosomia, malpresentasi, dan ekstraksi vakum dengan kejadian ruptur perineum.
Kata kunci: Ruptur perineum, usia ibu, paritas, partus presipitatus, makrosomia, malpresentasi, ekstraksi vakum, ekstraksi forsep.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN KEJADIAN RUPTUR PERINEUM DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA TAHUN 2016
Pengarang DELLA OKTAVIA SETYORINI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DELL h 2018
Subyek Ruptur perineum, usia ibu, paritas
partus presipitatus, makrosomia, malpresentasi
ekstraksi vakum, ekstraksi forsep
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Pendidikan Profesi Dokter
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua