Detail Cantuman Kembali
Mutiara Putri Wardana - Personal Name

Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Mutiara Putri Wardana. 2017. Pengaruh Program Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan Bapak Iskandar sebagai Pembimbing I dan Ibu Ledy Setiawati sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 sampai 2015. Pemilihan sampel menggunakan metode sampling jenuh dan didapatkan sampel sebanyak 32 sampel yang mana terdiri atas 4 perusahaan perbankan BUMN. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility yang diproksikan dengan Biaya Bina Lingkungan, Biaya Kemitraan, Biaya Kesejahteraan Karyawan dan Good Corporate Governance yang diproksikan dengan Ukuran Direksi dan Ukuran Dewan Komisaris sebagai variabel independen, serta Kinerja Keuangan yang diproksikan dengan ROA sebagai variabel dependen.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Biaya Kesejahteraan Karyawan dan Ukuran Direksi berpengaruh positif dengan nilai koefesien regresinya sebesar 1,440 dan 0,203 serta signifikan dengan nilai signifikasinya sebesar 0,000 dan 0,028 terhadap ROA. Namun Biaya Bina LIngkungan dan Ukuran Dewan Komisaris berpengaruh negatif dengan nilai koefisien regresinya sebesar -0,033 dan -0,111 serta tidak signifikan dengan nilai signifikasinya sebesar 0,792 dan 0,262 terhadap ROA. Sementara Biaya Kemitraan berpengaruh positif dengan nilai koefisien regresinya sebesar 0,106, namun tidak signifikan dengan nilai signifikansinya sebesar 0,185 terhadap ROA.

Kata Kunci: Biaya Bina Lingkungan, Biaya Kemitraan, Biaya Kesejahteraan Karyawan, Ukuran Direksi, Ukuran Dewan Komisaris, Return On Asset (ROA).




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perbankan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Pengarang Mutiara Putri Wardana - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua