Detail Cantuman Kembali
LINDA YOSIAWATI - Personal Name

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT PADA DINAS KESEHATAN KOTA SAMARINDA



Linda Yosiawati, 2018. Analisis Kinerja Keuangan Program Upaya Kesehatan Masyarakat Pada Dinas Kesehatan Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Hamid Bone dan Ibu Wulan Iyhig Ratna Sari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kinerja Dinas Kesehatan Kota Samarinda periode tahun 2014-2016 ditinjau dari elemen ekonomi, (2) mengetahui kinerja Dinas Kesehatan Kota Samarinda periode tahun 2014-2016 ditinjau dari elemen efisiensi, (3) mengetahui kinerja Dinas Kesehatan Kota Samarinda periode tahun 2014-2016 dari elemen efektivitas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan objek yang diteliti adalah data Realisasi Pencapaian Keuangan Dinas Kesehatan Kota Samarinda yang terdapat pada Laporan Akuntabilitas Kinerja Keuangan Dinas Kesehatan Kota Samarinda periode tahun 2014-2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis value for money yang meliputi pengukuran ekonomi, efisiensi, dan efektivitas.
Hasil penelitian mengenai kinerja Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dari dua program yang dianalisis yaitu Program Upaya kesehatan Masyarakat menunjukkan bahwa, (1) dari elemen ekonomi dapat diketahui periode tahun 2014-2016 Program Upaya Kesehatan Masyarakat memiliki persentase ekonomis 110,49%, 132,33%, 133,34%. (2) dari elemen efisiensi dapat diketahui periode tahun 2014-2016 Program Upaya Kesehatan Masyarakat memiliki
persentase efisiensi 81,38%, 74,23%, 92,92%..(3) dari elemen efektivitas dapat diketahui periode tahun 2014-2016 Program Upaya Kesehatan Masyarakat memiliki persentase efektivitas 90%, 80%, 100%.
Kinerja keuangan Dinas Kesehatan Kota Samarinda ditinjau dari aspek ekonomi pada Program Upaya Kesehatan Masyarakat periode tahun 2014 sampai 2016 adalah ekonomis, yang berarti Dinas Kesehatan Kota Samarinda dapat menghemat dana untuk menjalankan programnya. Kinerja keuangan Dinas Kesehatan Kota Samarinda ditinjau dari aspek efisiensi pada Program Upaya Kesehatan Masyarakat periode tahun 2014 sampai 2016 adalah tidak efisien,yang berarti program belum berjalan dengan baik hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang terjadi dilapangan saat pelaksanaan kegiatan.sehingga menyebabkan kegiatan yang dilaksanakan belum berhasil dilaksanakan dengan maksimal. Kinerja Keuangan Dinas kesehatan Kota Samarinda ditinjau dari aspek efektivitas diketahui bahwa Program Kerja Upaya Kesehatan Masyarakat periode tahun 2014 sampai tahun 2016 adalah cukup efektif, yang berarti program yang dilaksanakan cukup berhasil sesuai tujuan program yang di targetkan oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda.
Kata Kunci: kinerja keuangan, Value For Money, program kesehatan





Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KINERJA KEUANGAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT PADA DINAS KESEHATAN KOTA SAMARINDA
Pengarang LINDA YOSIAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua