Detail Cantuman Kembali
AMINUDDIN - Personal Name

DINAMIKA OSEANOGRAFI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN KANDUNGA KARAGINAN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI PERAIRAN TELUK KABAH KECAMATAN SENGATA SELATAN DAN LABUHAN BILIK KECAMATAN SANDARAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

AMINUDDIN, 2009. Dinamika Oceanografi Terhadap Laju Pertumbuhan dan Kandungan Karaginan Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) Diperairan Teluk Kaba Dan Labuhan Bilik Kabupaten Kutai Timur, dengan pembimbing utama Bohari Yusuf dan pembimbing pendamping Timur Luri Saksono.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dinamika oseanografi perairan terhadap laju pertumbuhan dan Karaginan rumput laut yang dibudidayakan dengan metode long line diperairan teluk Kaba dan Labuhan bilik Kabupaten Kutai Timur.
Penelitian ini dilaksanakan di teluk Kaba dan Labuhan Bilik Kabupaten Kutai Timur selama 25 hari, dimulai bulan mei s/d juni 2008, dan pengukuran kandungan Karaginan dilakukan di Laboratorium Balai Penelitian Pengembangan Riset Budidaya Air Payau (BPRBAP) Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Pengukuran parameter oseanografi fisika dilakukan insitu sedang analisa parameter kimia dilakukan secara exsitu di laboratorium Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Mulawarman Samarinda, Selanjutnya data di analisis secara deskriptif untuk mengetahui pengaruh dinamika oseanografi dan kandungan Karaginan rumput laut Kappaphycus alvarezii.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan kondisi dinamika oseanografi perairan pada kedua lokasi tersebut. Parameter fisika pada lokasi teluk Kaba memiliki kisaran rata-rata pasang surut 177 cm, gelombang 30,93 m/detik, arus 0,04 m/detik, suhu 28,30 º C, kecerahan 100 %, sediment 14,376 gram. Sedang pada lokasi Labuhan Bilik memiliki kisaran rata-rata pasang surut 190,5 cm, gelombang tidak dilakukan pengukuran, arus 0,05 m/detik, suhu 28,50 º C, kecerahan 100 %, sedimen 19,748 gram. Parameter kimia pada lokasi teluk Kaba DO 7,22 ppm, pH 6,58, salinitas 34 ‰ , nitrat 1,45 mg, fosfat 0,01 mg. sedang pada lokasi Labuhan Bilik DO 5 ppm, pH 7,22, salinitas 35 ‰ , nitrat 2,97 mg, fosfat 0,02 mg.
Pada kedua lokasi penelitian memiliki laju pertumbuhan harian rumput laut yang berbeda, dimana pada lokasi Teluk Kaba memiliki laju pertumbuhan harian sebesar 0,87 % sedang Labuhan Bilik 2,31 %. Produksi basah rumput laut Teluk Kaba 7,03 ton/ha dan Labuhan Bilik 8,16 ton/ha. Sedangkan kandungan Karaginan pada lokasi Teluk Kaba sebesar 31,22 % dan Labuhan Bilik sebesar 28,70 %.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DINAMIKA OSEANOGRAFI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN KANDUNGA KARAGINAN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI PERAIRAN TELUK KABAH KECAMATAN SENGATA SELATAN DAN LABUHAN BILIK KECAMATAN SANDARAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang AMINUDDIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua