Detail Cantuman Kembali
Risni Widyastuti - Personal Name

STUDI KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI MIGRASI MASUK DI KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA


Risni Widyastuti, 2019. Studi Karakteristik Sosial Ekonomi Migrasi Masuk di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman di bawah bimbingan (Zamruddin Hasid dan Juliansyah Roy).
Dalam Penelitian ini migrasi masuk dikaji oleh peneliti untuk mengetahui karakteristik migran di Kecamatan Samarinda Ulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh migran di Kecamatan Samarinda Ulu dan sampel diambil dengan cara Simple Random Sampling sebanyak 95 responden dengan menggunakan rumus slovin. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan distribusi frekuensi, histogram, dan tabulasi silang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa migran yang ada di Kecamatan Samarinda Ulu berasal dari berbagai daerah di luar Kota Samarinda. Menurut karakteristik sosial diketahui bahwa rata – rata migran melakukan migrasi pada usia produktif, berjenis kelamin laki – laki, memiliki jumlah tanggungan keluarga sebanyak 3 orang, menempuh pendidikan sampai dengan SMA/SMK dan sudah lama tinggal di Kecamatan Samarinda Ulu selama 1 – 10 tahun. Menurut karakteristik ekonomi migran yang ada di Kecamatan Samarinda Ulu sebagian besar bekerja di sektor informal dan mampu memperoleh pendapatan di atas Rp.3.500.000. secara status ekonomi para migran sudah ada perubahan pada taraf hidup mereka setelah migrasi. Secara status sosial kontribusi yang cukup baik pada wilayah yang ditempati dan juga interaksi migran dengan masyarakat sekitar cukup baik.
Kata Kunci : Migrasi Masuk, Karakteristik Sosial dan Ekonomi.










Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI MIGRASI MASUK DI KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA
Pengarang Risni Widyastuti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua