Detail Cantuman Kembali
ARIF RAHMAN HAKIM - Personal Name

PEMANFAATAN GULMA ECENG GONDOK (Euchornia crassipes) DAN SEKAM PADI SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleuretus ostreatus)


ARIF RAHMAN HAKIM. Pemanfaatan Gulma Eceng Gondok (Euchornia crassipes) dan Sekam Padi Sebagai Media tanam Alternatif Untuk Pertumbuhan Jamur Tiram (Pleuretus ostreatus). Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2018. (dibawah bimbingan Ni’matuljanah Akhsan dan Alexander Mirza).
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan bahan eceng gondok dan sekam padi pada media tanam jamur tiram. Dengan campuran
media tanam terbaik bagi pertumbuhan jamur tiram dilihat dari pertumbuhan panjang batang, diameter batang, lebar tudung, jumlah tubuh buah per baglog.
Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai dari bulan Februari sampai April 2018, memakai dua tempat yang berbeda tempat yang pertama adalah tempat penggilinggan bahan eceng gondok di Laboratorium Teluk Dalam desa karang Tunggal kecamatan tenggarong seberang, kabupaten Kutai Kartanegara. Tempat kedua adalah kumbung budidaya jamur Tiram skala rumahan milik bapak Adung Utomo di Jalan manunggal rt.19 kelurahan lempake,
Samarinda Utara. Percobaan lapangan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari P 0 yang berperan sebagai kontrol perlakuan, P1 = eceng gondok 50% + serbuk kayu 50%, P2 = sekam padi 50% + serbuk kayu 50%, dan P3 = eceng gondok 25% + sekam padi 25% + serbuk kayu 50%.
Variabel yang diamati adalah tinggi batang, diameter batang, diameter tudung, dan jumlah tubuh buah per baglog. Data hasil penelitian ragam dan dilajutkan dengan uji BNT untuk membandingkan rata-rata perlakuan.
Hasil penelitian selama 56 hari diperoleh hasil bahwa pemberian eceng gondok dan sekam padi dapat digunakan sebagai media tanam alternatif atau campuran serbuk kayu untuk pertumbuhan jamur tiram. Pemberian eceng gondok dan sekam padi pada media tanam serbuk kayu dapat meningkatkan karakteristik pertumbuhan dan produktivitas jamur tiram putih (Pleuretus ostreatus) yaitu pada pertumbuhan diameter tudung dan jumlah tubuh buah jamur.
Campuran 50% serbuk kayu dan 50% eceng gondok terbaik meningkatkan karakteristik pertumbuhan dan produktivitas jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) yaitu diameter tudung jamur dan jumlah badan buah.
Kata kunci : Pemanfaatan Gulma, eceng gondok, sekam padi, pertumbuhan, jamur tiram putih




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANFAATAN GULMA ECENG GONDOK (Euchornia crassipes) DAN SEKAM PADI SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleuretus ostreatus)
Pengarang ARIF RAHMAN HAKIM - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua