Detail Cantuman Kembali

ANALISIS RENTABILITAS USAHA PEMBUATAN TEMPE DI KELURAHAN SIDODADI KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
AGUSTINE META SARI ANGGRAENY, 2009. Analisis Rentabilitas Usaha Pembuatan Tempe di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda (di bawah bimbingan Husinsyah dan Syarifah Maryam)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui titik pulang pokok (Break Even Point) dan tingkat rentabilitas usaha pengolahan tempe di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda dari bulan Februari sampai dengan April 2009.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara dengan 30 responden pengusaha tempe sesuai dengan daftar pertanyaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis titik pulang pokok (Break Even Point) dan rasio rentabilitas dengan menentukan profit margin dan asset turnover.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis titik pulang pokok (Break Even Point) usaha pengolahan tempe di Kelurahan Sidodadi sebesar 106,2 kg atau Rp 853.854,30 artinya apabila pengusaha menjual tempe sebesar 106,2 kg maka pengusaha berada pada titik pulang pokok. Usaha pengolahan tempe di Kelurahan Siododadi sudah optimal dengan Rentabilitas sebesar 93,01%. Ini artinya bahwa besarnya tingkat penerimaan 93,01% dari aktiva yang digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS RENTABILITAS USAHA PEMBUATAN TEMPE DI KELURAHAN SIDODADI KOTA SAMARINDA
Pengarang AGUSTINE META SARI ANGGRAENY - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua