Detail Cantuman Kembali
NURUL KHAMARIAH - Personal Name

PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017


Khamariah, Nurul. 2017. Pengaruh Minat dan Kecerdasan emosional siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Asyril, M.Si, (II) Dr. Pramudjono, MS.

Kata Kunci: Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika

Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Kesehatan Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini minat belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2) berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kesehatan Samarinda tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah siswa 198 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 8 kelas, yaitu kelas XI Keperawatan 1, XI Keperawatan 2, XI Keperawatan 3, XI Keperawatan 4, XI Keperawatan 5, XI Keperawatan 7, XI Keperawatan 9 dan XI Analis Kesehatan 1. Sebelum melaksanakan penelitian, terlebih dahulu diadakan uji coba instrumen penelitian. Uji coba instrumen ini dilakukan di kelas XI Keperawatan 6 dan XI Keperawatan 8. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi pengujian sebesar 5%.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa minat belajar (X1) siswa terbanyak terletak pada kategori sedang yaitu sebanyak 30.03%; kecerdasan emosional (X2) siswa terbanyak terletak pada kategori sedang yaitu sebesar 41.3%; dan hasil belajar matematika (Y) juga terbanyak terletak pada kategori sedang sebesar 32.75% dengan nilai rata-rata 35.73. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga yaitu Y ̂= -66.670 + 0.441X_1 + 0.598X_2, dengan nilai Signifikansi pada uji F (Sig. F) = 0,000 dan α = 0,05. Karena nilai Sig. F < α maka persamaan regresi dugaan yang diperoleh berarti. Nilai R^2 = 0,262 yang menunjukkan bahwa 26,2% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan hubungan liniernya dengan minat belajar dan kecerdasan emosional. Untuk variabel minat diperoleh nilai signifikansi pada uji t (Sig. t) = 0,000 dengan α = 0,05. Karena nilai Sig. t < α maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabel kecerdasan emosional diperoleh nilai signifikansi pada uji t (Sig. t) = 0,000 dan α = 0,05. Karena nilai Sig. t < α maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMK Kesehatan Samarinda tahun ajaran 2016/2017.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang NURUL KHAMARIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua