Detail Cantuman Kembali
Mohamad Iqbal - Personal Name

DAMPAK SOSIAL EKONOMI DAN PERSEPSI NELAYAN KEPITING KECAMATAN ANGGANA TERHADAP PERMEN-KP No. 1 TAHUN 2015 TENTANG PEMBATASAN PENANGKAPAN KEPITING (Scylla spp)


MOHAMAD IQBAL. 2017. Dampak Sosial Ekonomi dan Persepsi Nelayan Kepiting Kecamatan Anggana Terhadap Permen-KP No. 1 Tahun 2015 Tentang Pembatasan Penangkapan Kepiting (Scylla spp), (dibimbing oleh Said Abdusysyahid dan Akhmad Rafi’i).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak sosial ekonomi serta persepsi yang muncul dari berlakunya Permen-KP No. 1/2015 terhadap nelayan kepiting di Kecamatan Anggana. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif melalui metode skoring sederhana dengan sistem skala likert yang berbasis ordinal 1,2,3,4,5 dimana semakin besar skornya maka semakin baik pula kriterianya. Kemudian digunakan interval kelas untuk menentukan masing-masing kriteria penilaian, baik itu dampak sosial, dampak ekonomi, dan juga persepsi nelayan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Permen-KP No. 1/2015 tidak memiliki dampak sosial maupun dampak ekonomi terhadap nelayan kepiting Kecamatan Anggana. Selain itu nelayan kepiting di Kecamatan Anggana memiliki persepsi netral terhadap Permen-KP No. 1/2015. Kondisi tersebut terjadi dikarenakan nelayan masih dapat menjual kepiting yang dilarang dalam peraturan tersebut kepada para penyambang. Pengawasan yang baik dan sosialisasi dirasa perlu untuk dilakukan oleh pemerintah agar kebijakan ini dapat dilaksanakan dengan baik.
Kata Kunci : Dampak, Persepsi, Permen-KP No. 1/2015, Nelayan Kepiting

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DAMPAK SOSIAL EKONOMI DAN PERSEPSI NELAYAN KEPITING KECAMATAN ANGGANA TERHADAP PERMEN-KP No. 1 TAHUN 2015 TENTANG PEMBATASAN PENANGKAPAN KEPITING (Scylla spp)
Pengarang Mohamad Iqbal - Personal Name
No. Panggil
Subyek Dampak, Persepsi, Permen-KP No. 1/2015, Nelayan Ke
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua