Detail Cantuman Kembali
Ahmad Rasyidi - Personal Name

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH PUSAT DAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN KUTAI TIMUR


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Pengeluaran Pemerintah Pusat dan Pengeluaran PemerintahDaerah secara langsung dan tidak langsung terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Kutai Timur.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variable eksogen (X) yaitu Pengeluaran Pemerintah Pusat dan Pengeluaran Pemerintah Daerah dan variabel endogen (Y) yaitu Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data sekunder tahun 2007-2016. Alat analisis yang digunakan model Path Analysis dibantu Program software SPSS (statistical package for service solusion) versi 23.

Hasil analisis diperoleh bahwa Pengeluaran Pemerintah Pusat berpengaruh langsung terhadap Pertumbuhan Ekonomi signifikan negatif, Pengeluaran pemerintah daerah berpengaruh langsung terhadap Pertumbuhan ekonomi terdapat korelasi dan signifikan, Pengeluaran pemerintah pusat terhadap variabel penyerapan tenaga kerja Terdapat korelasi tidak signifikan. Pengeluaran pemerintah daerah berpengaruh langsung terhadap Penyerapan Tenaga Kerja ada korelasi dan signifikan. Pengeluaran pemerintah daerah berpengaruh langsung terhadap variable penyerapan tenaga kerja terdapat ada korelasi dan tidak signifikan. Realisasi pengeluaran pemerintah pusat berpengaruh tidak langsung terhadap penyerapan tenaga kerja melalui pertumbuhan ekonomi menunjukkan angka positif signifikan dan realisasi pengeluaran pemerintah daerah terhadap penyerapan tenaga kerja melalui pertumbuhan ekonomi menunjukkan angka negatif tidak signifikan di Kabupaten Kutai Timur.

Kata Kunci : Pengeluaran Pemerintah Pusat, Pengeluaran Pemerintah Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Penyerapan Tenaga Kerja

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH PUSAT DAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang Ahmad Rasyidi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pertumbuhan Ekonomi, Penyerapan Tenaga Kerja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua