Detail Cantuman Kembali
Oktaniar Putri Pratami - Personal Name

MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)


Pemilihan jurusan merupakan proses penempatan atau penyaluran dalam pemilihan program pengajaran pada siswa/siswi di jenjang SMA. Masalah yang dihadapi dalam penentuan jurusan siswa SMA adalah masih belum dilakukan secara komputasi. Maka dari itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu sekolah dalam menentukan jurusan siswa SMA. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem yang terkomputerisasi yang mampu mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi tertruktur yang spesifik dan tidak terstruktur. Metode yang digunakan adalah kombinasi metode Logika Fuzzy dan Simple Additive Weighting (SAW), dimana metode Logika Fuzzy digunakan untuk mengkonversikan nilai rapor siswa yang nantinya akan menjadi nilai input pada metode Simple Additive Weighting (SAW). Telah dihasilkan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan SMA yang dapat memberikan rekomendasi jurusan siswa. Sistem ini telah diuji dengan menggunakan 60 data siswa dengan tingkat akurasi sebesar 88,3 %.
Kata Kunci : Pemilihan Jurusan SMA, Sistem Pendukung Keputusan, Kombinasi, Logika Fuzzy, Simple Additive Weighting.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)
Pengarang Oktaniar Putri Pratami - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kombinasi, Logika Fuzzy, Simple Additive Weighting
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua