Detail Cantuman Kembali
M. RAHDANNI - Personal Name

FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI MOBILITAS MIGRAN DI KOTA SAMARINDA


M. Rahdanni. 2016 “ Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Mobilitas Migran Di Kota Samarinda “ ( di bawah bimbingan Ibu Theresia Militina dan Bapak Agus Junaidi).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sosial ekonomi apa saja yang dapat mempengaruhi mobilitas migran di Kota Samarinda. meningkatnya mobilitas migran di Kota Samarinda diduga ada faktor lain selain faktor sosial ekonomi tetapi juga faktor geografis Kota Samarinda yang merupakan Kota dengan tingkat pembangunan infrastruktur yang baik dan kota yang cukup modern. Sehingga ini menjadi salah satu penyebab semangkin meningkatnya arus mobilitas migran dikota Samarinda.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor sosial ekonomi mobilitas migran di Kota Samarinda. Alasan yg mendorong migran dikota samarinda, alasan yg menarik minat migran dikota Samarinda, tujuan mobilitas migran dikota Samarinda, jenis kelamin dan usia migran, status tempat tinggal, daerah asal, status pendidikan terakhir, jenis pekerjaan yang dimiliki. Analisis mobilitas migran dikota Samarinda ini dianalisis dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi binary logistic Sedangkan indikator sosial ekonomi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.

Hasil analisis Logistic Regression Model menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap mobilitas migran dikota samarinda adalah status perkawinan dengan nilai signifikansi (0,048) dan jenis pekerjaan dengan nilai





x

signifiknsi (0,006). Secara ekonomi hal ini menjelaskan bahwa perilaku para responden dalam penelitian ini cenderung untuk untuk bermigrasi dengan tujuan ingin meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Kata kunci : Faktor Sosial Ekonomi Mobilitas Migran, Kota Samarinda, logistic regression model.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI MOBILITAS MIGRAN DI KOTA SAMARINDA
Pengarang M. RAHDANNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Faktor Sosial Ekonomi Mobilitas Migran, Kota Samar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua