Detail Cantuman Kembali
DESY MOLISAWATI - Personal Name

PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKASISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 9 SAMARINDA (Materi Usaha danEnergi)


Kreativitas berpikir adalah proses pencarian gagasan atau ide-ide yang baru, berbeda dan unik dalam memperoleh pemecahan masalah. Kreativitas berpikir dalam belajar fisika juga perlu ditingkatkan demi tercapainya mutu pendidikan yang berkualitas. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menantang siswa untuk mencari pemecahan masalah dalam dunia nyata secara mandiri maupun kelompok. Problem Based Learning juga merupakan model pembelajaran berbasis student-centered yang memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penyeledikan, mengintegrasi teori dan praktek, menerapkan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengembangkan penemuan solusi atau pemecahan terhadap masalah tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas berpikir dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 9 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 sebanyak 31 orang. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa besarnya nilai rata-rata Kreativitas berpikir siswa menggunakan tes kreativitas berpikir dengan LKPD adalah sebesar 72,10 berada pada kategori baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil Post-test atau tes akhir adalah sebesar 82,19 dan sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Besar pengaruh kreativitas berpikir dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 70,22% Hasil penelitian ini diuji dengan uji statistik dengan menggunakan uji F dan diperoleh Fhitung = 68,242 untuk hasil belajar siswa dan Ftabel = 4,18 pada taraf 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung>Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas berpikir dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 9 Samarinda (materi Usaha dan Energi).
Kata kunci : Kreativitas Berpikir, Model Problem Based Learning, dan Hasil Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKASISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 9 SAMARINDA (Materi Usaha danEnergi)
Pengarang DESY MOLISAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kreativitas Berpikir, Model Problem Based Learning
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua