PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA PADA PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Discovery learning merupakan sebuah model pembelajaran yang berfokus untuk proses penemuan secara mandiri atau menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pemahaman konsep siswa merupakan kemampuan memahami dan mengerti serta dapat menyajikan suatu konsep yang telah dipahami dalam bentuk lain. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model discovery learning . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel kelas X MIPA 1 sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif.
Pengambilan data menggunakan teknik tes tertulis dan angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Post-test 77 dalam kategori baik dengan minat rata-rata sebesar 75 dalam kategori sedang dan regresi linear sederhanamenunjukkan pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar setelah diterapkan model discovery learning
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA PADA PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING |
---|---|
Pengarang | ROMIANUS HULUI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY