Detail Cantuman Kembali
RUDINI - Personal Name

MOTIVASIGURU DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKAPADA SEKOLAH DASAR NEGERI 012 SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA

Rudini, Jurusan Ilmu Sosiatri, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman 2013. Motivasi guru dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pramukadi SDN 012 SamarindaUtara. Dibawah bimbingan ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah. Ms, dan bapak Drs. Badaruddin Nasir. M.Si.
Adapun tujuan penulis dalam penelitian iniuntuk mengetahui motivasi guru dalamkegiatanekstrakulikuler Pramuka, serta untuk mengetahui alasan siswatidak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif karena dalam penelitian ini penulis mengadakan penggambaran mengenai situasi, kejadian fakta-fakta yang ada dilapngan, akumulasi dan tidak menggunakan hubungan serta tanpa melakukan pengjuian hipotesis. Penulis juga menggunkan informan sebanyak 7orang yang terdiri dari 1orang sebagai kepala sekolah,2 orangdewan guru merangkap sebagai Pembina pramuka,2 dewan guru, 2 oramg pembantu
Pembina. Dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan wawancara,observasi dan studi literature (dengan cara membaca buku-buku ilmiah / buku teori). Untuk menganalisis data penulis menggunakan metode deskriftif kualitatif terdiri dari 4 komponen antara lain, pengumpulan data, penyederhanan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Motivasi guru dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 012 Samarinda Utara,berperan sebagai pendidik, pengontor, trainer memberikan dorongan motivasidanteladan, agar mampu menjadi pribadi yang mandiri dan memilikikedisiplinan.
Setelah penulis melakukan penelitian dilapangan dapat diambil kesimpulan bahwa Motivasi merupakan sumber energy terpenting dalam melakukan perubahan, baik dalam perubahan sekala kecil ataupun sekala besar. Dan jugaHasil penelitian ini berbanding lurus dengan teori motivasi yaitu bagaimana seorang individu harus
memiliki dorongan motivasi baik dari dalam ataupun dari luar dan atau dalam bahasa istilah adalah motivasi intrinsic dan ekstrinsik.
Kata Kunci:Motivasi,IkutKegiatan,Ekstakulikuler, Pramuka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MOTIVASIGURU DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKAPADA SEKOLAH DASAR NEGERI 012 SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
Pengarang RUDINI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua