Detail Cantuman Kembali
ANISA FITRI - Personal Name

STUDI TENTANG KONSEP DIRI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 29 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Anisa Fitri, 2017. Studi Tentang Konsep Diri Siswa Kelas IX SMP Negeri 29 Samarinda Tahun
Pembelajaran 2017/2018. Dibawah bimbingan Dra. Sudilah MW, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Rury Muslifar, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Konsep diri merupakan aspek penting dalam diri seseorang karena konsep diri kerangka acuan seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya Siswa SMPadalah siswa yang berusia 12-15 tahun dan merupakan usia remaja awal setiap remaja dituntut dapat mengungkapkan perasaan-perasaan dan emosi terkaitdengan masalah yang dihadapi siswa yang duduk dikelas IX merasa minder dengan tubuhnya yang kegemukan dan ukuran tubuhnya yang pendek, sehinggamereka kurang terbuka dengan orang lain dan kurang bersosialisasi terhadapteman-temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri siswa kelas IX SMP Negeri 29 Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep dirisiswa kelas IX SMP Negeri 29 Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Samarinda Jl. Pakis hijau 7 perumnas bengkuring (Desa) Sempaja Selatan yakni pada kelas IX f dan g. Sumber data penelitian adalah 6 orang sebagai pelengkap kevaliditan data. Teknikpengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah melalui proses menganalisis dari penyederhanaan data(data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan
(conclution drawing). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa kelas IX f dan g SMP Negeri 29 Samarinda memiliki konsep diri yang kurang menyukai bentuk tubuh siswa, siswa yang sedikit minder dalam berteman walau siswakadang berfikir yang positif bahwa semua adalah karunia dari Tuhan yang Maha Esa, dengan keminderannya sehingga siswa sulit untuk bersosialisasi terhadap orang lain. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah konsep diri siswa kelas IX f dan g SMP Negeri 29 Samarinda menunjukkan bahwa siswa siswa memiliki kelebihan dari kekurangan yang ada pada tubuhnya, siswa berfikir bahwa semua karena memiliki badan yang kurang ideal dari teman-temannya sehingga siswa kurang bergaul dengan orang lain dan tidak mudah terbuka dalam berkomunikasi.
Untuk itulah diperlukan kerjasama yang baik dari lingkungan keluarga,masyarakat, dan sekolah khususnya petugas bimbingan untuk dapat membantudalam pembentukan konsep diri yang baik pada siswa siswi SMP Negeri 29 Samarinda.
Kata Kunci : studi tentang konsep diri siswa


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG KONSEP DIRI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 29 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang ANISA FITRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua