Detail Cantuman Kembali
NURHIKMAH - Personal Name

CULTURAL CONTENT ON ENGLISH TEXTBOOK AND TEACHER’S PRACTICES IN TEACHING CULTURAL CONTEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL SAMARINDA

Nurhikmah, 2017. Konten Budaya dalam Buku Teks Bahasa Inggris dan Praktik Pengajaran Guru dalam mengajar Konteks Budaya di Sekolah Menegah Pertama Di Samarinda. (Di bimbing oleh Dr. Bibit Suhatmady, M.Pd dan Desy Rusmawati, M.A.) Samarinda. Universitas Mulawarman. Penelitian ini menganalisis tentang konten - konten budaya yang ada di dalam buku Teks Bahasa Inggris yang digunakan di kelas VIII SMP di Samarinda dan Praktik pengajaran guru dalam mengajarkan konteks budayakepada siswa. Tujuannya adalah mengupas kategori dara yang terdiri atasbudaya besar dan budaya kecil yang tersembunyi didalam buku teks tersebut. Hal ini penting karena belum ada pedoman untuk guru mengajar kontenbudaya ke siswa. Latihan - latihan yang ada didalam buku teks tersebutkebanyakan hanya memuat latihan berkomunikasi, membaca dan menulis. Buku teks tersebut dianalisis menggunakan metode konten analisis yang ditulis oleh Saldana (2009). penulis menggunakan code untukmengkategorikan konten budaya yang ada di buku teks tersebut. Studi inimenemukan bahwa 81,57 % buku teks tersebut memuat aspek budaya. Hal inibisa menjadi potensial menjadi sumber untuk menyampaikan konten budaya, tapi kebanyakan konten konten tersebut masih tersembunyi. Guru harus bisamengeksplorasi semua itu melalui dirinya sendiri. Disamping konten analisis, penulis juga meneliti tentang bagaimana guru di lapangan dalam mengajarkankonteks budaya yang ada didalam buku teks tersebut kepada siswanya, jadidisini penulis mengumpulkan datanya melalui observasi langsung didalam kelas dan wawancara langsung kepada guru. Dari proses wawancara, penulisingin menggali tentang apa saja tantangan yang dihadapi oleh guru dalammengajarkan konteks budaya dan dari observasi, peneliti ingin melihat bagaimana guru tersebut menyampaikan konten budaya yang ada dibuku tekstersebut. Dari hasil data yang diperoleh, maka penulis menemukan adabeberapa tantangan yang dihadapi oleh guru ketika mereka mengajarkankonteks budaya kepada siswa, seperti ketidaksesuaian konteks, kurangnyailmu tentang budaya dari guru itu sendiri, kurangnya kesadaran siswa tentang pengetahuan budaya, dal lain sebagainya. Berdasarkan hasil temuan dan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini, guru bisa menyusun ulang cara / langkah mereka dalam menyampaikan konten budaya didalam kelas.
Kata Kunci : Budaya, konten analisis, konten budaya, tantangan guru




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CULTURAL CONTENT ON ENGLISH TEXTBOOK AND TEACHER’S PRACTICES IN TEACHING CULTURAL CONTEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL SAMARINDA
Pengarang NURHIKMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua