Detail Cantuman Kembali
ANIS MARDIANA - Personal Name

PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARANCD INTERAKTIF DENGANVIDEO TUTORIALTERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPIDALAM MATERI MICROSOFTPOWERPOINTBAGI SISWA KELAS XI SMK PURWAJAYA TAHUN AJARAN2017/2018

Anis Mardiana. 2017. Perbedaan Media Pembelajaran CD Interaktif denganVideo Tutorial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI dalamMateri Microsoft Power Pointbagi Siswa Kelas XI SMK Purwajaya Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer Universitas Mulawarman.Bimbingan:(I) Drs. H. Asyril, M.Sidan(II)Dewi Rosita,S.Kom, M.Kom.
Tujuan penelitian ini adalahuntukmengetahui Perbedaan MediaPembelajaran CD Interaktif dengan Video Tutorial terhadap Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran KKPI dalam Materi Microsoft Power Point bagi Siswa Kelas XI SMK Purwajaya Tahun Ajaran2017/2018.
Penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik sampling yangdigunakan dalampenelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampeltersebut adalah kelas XI farmasi sebagai kelas eksperimen denganjumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan mediapembelajaran CD Interaktif dan kelas XI keperawatan sebagai kelas control dengan jumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan media pembelajaran Video Tutorial. Pengumpulan data dilakukandengan menggunakantes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk praktik.
Perhitunganmenggunakan bantuan programSPSS 22.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnovuntuk melihat normalitas datapre-testdanpost-test, hasil analisis uji Kolmogorov-Smirnov diperoleh nilai pre-test kelas eksperimen sig(p)= 0,140 dan kelas kontrol sig(p)= 0,131 dengan membandingkan nilai a= 0,05makakelas eksperimensig(p)=0,140 > 0,05 dan kelas kontrolsig(p)=0,131 > 0,05sehingga H
diterima maka kedua data berdistribusi normal. Kemudian hasilanalisis ujiKolmogorov-Smirnov kelas eksperi mendiperoleh nilai post-testsig(p)= 0,146 dankelas kontrol
sig(p)= 0,136denganmembandingkannilai a=0,05 maka keduanya juga berdistribusi normal. Hasil analisis data post-test dengan uji t secara manualdiperolehnilai sebesart hit =2,163dengant 0 =-1,697karenanilai T hitung > T table tab maka diterima yang artinya hasil belajar di kelas eksperimen lebih baikdibandingkandikelas kontrol. Analisis deskriptif diperolehdari nilai rata-rata pre-test di kelas eksperimen 41,969 dan post-test 87,47 sedangkan nilai rata-ratapre-test dikelas kontrol41,875 danpost-test83,469.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat Perbedaan Media PembelajaranCD Interaktif denganVideo Tutorial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI dalamMateri Microsoft Power Point bagi Siswa Kelas XI SMK Purwajaya Tahun Ajaran 2017/2018. Dimana hasil belajarsiswa pada mata pelajaranKKPIdalam materi Microsoft Power Point bagi siswa yang menggunakan media pembelajaranCD Interaktiflebih efektif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARANCD INTERAKTIF DENGANVIDEO TUTORIALTERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPIDALAM MATERI MICROSOFTPOWERPOINTBAGI SISWA KELAS XI SMK PURWAJAYA TAHUN AJARAN2017/2018
Pengarang ANIS MARDIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua