Detail Cantuman Kembali
CITRA RAHMADANI - Personal Name

PENGARUH TERAPI BEVACIZUMAB TERHADAP VISUS DAN KETEBALAN MAKULA PADA PASIEN OKLUSI VENA RETINA DENGAN EDEMA MAKULA DI SUMATERA EYE CENTER SAMARINDA

Nama: Citra Rahmadani
Program Studi: Pendidikan Dokter
Judul: Pengaruh Bevacizumab terhadap Visus dan Ketebalan Makula pada Pasien Oklusi Vena Retina dengan Edema Makula di Sumatera Eye Center Samarinda Oklusi vena retina merupakan penyebab kebutaan ke dua dalam penyakit vaskuler retina setelah diabetik retinopati dan dapat menimbulkan komplikasi edema makula. Bevacizumab merupakan tatalaksana yang berpengaruh sebagai anti vascular endotelial growth factor (VEGF). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bevacizumab terhadap visus dan ketebalan makula sebelum dan sesudah terapi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental pada pasien oklusi vena retina dengan edema makula yang telah memenuhi kriteriainklusi. Visus dan ketebalan makula dievaluasi setelah satu bulan terapi.
Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung sejak bulan Mei-Juni 2017dengan mengumpulkan data sekunder dari rekam medik di SMEC Samarindapriode Januari 2016 – Juni 2017. Data dianalisis dengan mengunakan Wilcoxon.
Hasil dari penelitian ini didapatkan dari enam belas mata dari 16 pasien yangterdiagnosis oklusi vena retina dengan edema makula diberi terapi bevacizumab.Rerata visus sebelum terapi adalah 1,106 LogMAR ± 0,509 dan meningkat menjadi 0,889 logMAR ± 0,608 (p=0,116) setelah terapi sedangkan rerata ketebalan makula sebelum terapi adalah 504,06 µm ± 301,273 dan menurun menjadi 348,81 µm ± 181,17 (p=0,017) setelah terapi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi penurunan ketebalan makula yang bermakna dan tidak didapatkan adanya perbaikan visus pada pasien oklusi vena retina dengan edema makula di SMEC Samarinda.
Kata Kunci: Oklusi vena retina, edema makula, bevacizumab


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH TERAPI BEVACIZUMAB TERHADAP VISUS DAN KETEBALAN MAKULA PADA PASIEN OKLUSI VENA RETINA DENGAN EDEMA MAKULA DI SUMATERA EYE CENTER SAMARINDA
Pengarang CITRA RAHMADANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua