Detail Cantuman Kembali
SUMIATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN PEMERINTAH KECAMATAN SISWA KELAS IV DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN 012 SEBULU

ABSTRAK

SUMIATI.2010. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Desa Dan Pemerintah Kecamatan Siswa Kelas IV Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD SDN 012 Sebulu. Pembimbing (1) Drs. Yudo Dwiyono, M.Si; (2) Iksam, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Kooperatif, STAD (Student Teams Achievement Division)
Pembelajaran PKn di SDN 012 Sebulu selama ini belum melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Hal tersebut salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa karena cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Siswa tidak aktif sendiri untuk memperoleh pengetahuannya. Kondisi tersebut perlu segera dicarikan solusi penyelesaiannya. Menanggapi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan model pembelajaran menggunakan metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui penelitian tindakan kelas. Metode pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IVSDN 012 Sebulu.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan pada siswa kelas IV SDN 012 Sebulu.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas IV SDN 012 Sebulu dalam memahami materi palajaran PKn dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD. (2) untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 012 Sebulu terhadap materi pelajaran PKn.
Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa lembar kerja siswa untuk dipelajari secara kelompok, kemudian salah satu wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok yang lain dapat menanggapinya. Setelah diskusi kelompok selesai guru memberikan tes kepada siswa secara individu. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 012 Sebulu yang berjumlah 35 siswa.
Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I, II dan III diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I yaitu sebesar 65,1 %, Siklus II yaitu sebesar 65,9 % dan pada siklus III lebih meningkat yaitu sebesar 81,8%. Sedangkan Hasil belajar siswa pada siklus I, II dan III diperoleh dari tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir pertemuan. Nilai rata- rata kelas pada siklus I adalah 58,8 dengan ketuntasan klasikal 37,14%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 68,4 dengan ketuntasan klasikal 65,71%. Nilai rata-rata kelas pada siklus III adalah 83,2 dengan ketuntasan klasikal 88,57%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN PEMERINTAH KECAMATAN SISWA KELAS IV DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN 012 SEBULU
Pengarang SUMIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua