Detail Cantuman Kembali
SITI HARDIYANTI - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Siti Hardiyanti , 2017 Pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan Koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.H.Mukhamad Nurhadi, M.Si selaku pembimbing I dan Dra. Maasje C. Watulingas selaku pembimbing II.
Model pembelajaran aktif yaitu model pembelajaran Quantum Learning. Model pembelajaran Quantum Learning adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruhproses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, sertamembuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasankoloid kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda, dengan sampel yang di peroleh denganteknik proposive sampling adalah kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 denganmasing-masing kelas berjumlah 35 orang. Kelas XI MIPA 2 menggunakan modelpembelajaran Quantum Learning, sedangkan kelas XI MIPA 3 menggunakanmodel pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa di peroleh dari total nilaiposttest dan ulangan harian dengan masing-masing pada posttest 1, 2 dan sebanyak 20% dan ulangan harian sebanyak 40%. Hasil penelitian hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji F dan uji t. Analisis hasil belajar diperoleh t hitung > ttabel yaitu 6,13 > 1,99 pada taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima dan H o ditolak, maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda.
Kata Kunci : Quantum Learning, Hasil Belajar, Koloid, Proposive Sampling, Model Pembelajaran Langsung






Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Pengarang SITI HARDIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua