Detail Cantuman Kembali
NURARISA TIARANI - Personal Name

ANALISIS KINERJA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA


Nurarisa Tiarani. Analisis Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard pada PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Dibimbing oleh: Ibu Yana Ulfah sebagai Dosen Pembimbing I dan Bapak Rusliansyah sebagai Dosen Pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda berdasarkan metode Balanced Scorecard?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda berdasarkan metode balanced scorecard. Pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard dengan empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Pengukuran dengan menggunakan data tahun 2015-2016 untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan perspektif lainnya menggunakan data perusahaan dan perhitungan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggandan pegawai PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda tahun berjalan.
Hasil dari penelitian diperoleh bahwa, kinerja pada perspektif keuangan baik jika dibandingkan tahun sebelumnya, pada perspektif pelanggan dinilaisangat baik dengan pelanggan yang merasa puas terhadap pelayanan yangdiberikan, pada perspektif proses bisnis internal dinilai baik dan pada perspektifpertumbuhan dan pembelajaran dinilai sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda berdasarkan balanced scorecaed secara keseluruhan sudah sangat baik.
Kata Kunci: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Persektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KINERJA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA
Pengarang NURARISA TIARANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua