Detail Cantuman Kembali
PUJI ASTUTI - Personal Name

TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

PUJI ASTUTI. Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Penyuluh Pertanian di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2017. (dibawah bimbingan Nella Naomi D dan Firda Juita).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagaimana Persepsi Petani terhadap Kualitas Pelayanan Penyuluh Pertanian, Mengetahui Harapan Petani dan tingkat kesesuaian serta upaya untuk mencapai kepuasan petani.
Penentuan lokasi ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Kecamtan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan,dari Juni sampai September 2017.
Responden dalam penelitian ini adalah kelompok tani yang dipilih melaluimetode purposive sampling yaitu kelompok tani dengan kategori kelas Kelompok Tani Lanjut dan yang dijadikan responden adalah ketua kelompok tani sebanyak33 Responden, alat analisis yang digunakan adalah metode Aritchmetic Mean dan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil perhitungan dari analisis Aritchmetic Mean menunjukkan bahwapersepsi petani dengan nilai rata-rata 2,93 termasuk dalam kategori (Cukup Baik)dan penilaian pada harapan petani dengan nilai rata-rata 3,53 termasuk dalamkategori (Tinggi) Melihat tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan petani terhadap kualitas pelayanan penyuluh pertanian pada penelitian ini, secara umum didapat hasil 83,61%.nilai tersebut kurang dari 100%, hal ini menunjukkan bahwapersepsi petani terhadap kualitas pelayanan penyuluh pertanian belum sesuaidengan harapan petani di Kecamatan Loa Kulu sehingga dapat dikatakan petani merasa belum puas.
Upaya yang direkomendasikan untuk meningkatakan kinerja pelayananpetugas penyuluh pertanian dapat dilihat dari perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) yang menunjukkan atribut 4,7 dan 9 berada pada kuadran I dan III.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Penyuluhan Pertanian, Kepuasan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang PUJI ASTUTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua