Detail Cantuman Kembali
SRI RAHMA WATI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (Group Investigation) DENGAN PBL (Problem Based Learning) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMK NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sri Rahma Wati, 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dengan PBL (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X SMK Negeri 2 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dibimbing oleh Ratna Kusumawardani, S.Si., M.Pd selaku pembimbing I dan Abdul Majid, S.Si., M.Si selaku pembimbing II.
Startegi REACT merupakan strategi pembelajaran yang terdiri dari lima komponen (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) yang disusun berdasarkan teori belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) merupakan salah satu pembelajaran kelompok dengan tiap kelompok bebas memilih subtopik dari materi yang akan diajarkan. Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) merupakan pembelajaran dimana kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu masalah yang diberikan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswamenggunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) antara model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation)dengan PBL (Problem Based Learning) pada pokok bahasan larutan elektrolit dannonelektrolit kelas X SMK Negeri 2 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Penelitian inidilaksanakan di SMK Negeri 2 Samarinda, yaitu pada kelas X Listrik 1 dan Listrik 2dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknis tes untukmengetahui hasil belajar dan didukung dengan teknik nontes untuk melihat aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t, dimana diperoleh t hitung = -0.339 dan ttabel = 1,999, sehingga t hitung < t tabel pada taraf signifikan 5%, maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) antara modelpembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan PBL (Problem Based Learning) pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMK Negeri2 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating,Transferring), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation), Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Hasil Belajar


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (Group Investigation) DENGAN PBL (Problem Based Learning) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMK NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang SRI RAHMA WATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua