Detail Cantuman Kembali
NUR FITRIANI - Personal Name

ANALISIS NOVEL“CAHAYA CINTA DARI‘ARSY”KARYA YANNAH AKHRAS DITINJAU DARI ASPEK MORAL


Nur Fitriani, 2017.Analisis Novel “Cahaya Cinta dari‘Arsy”Karya Yannah Akhras ditinjau dari Aspek Moral. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda. Dibimbing oleh Drs. Pudawari, M.Pdsebagai pembimbing I dan Meita Setyawati, S.Sn, M.A sebagai pembimbing II.
Kata Kunci: Novel, Aspek Moral
Dalam sebuah novel memiliki pesan-pesan yang terkandung, salah satunya adalah pesan moral. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialahbagaimana moral dalampersoalan hubungan manusia dengan diri sendiri, moral dalam persoalan hubungan manusia dengan manusia lain, moral dalampersoalan hubungan manusia denganalam danmoral dalampersoalanhubungan manusia denganTuhanpada novel “Cahaya Cinta dari ‘Arsy” karya Yannah Akhras.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan moral-moral yang terkandung dalam novel “Cahaya Cinta dari ‘Arsy”yang menampilkan cerita pertentangan antara kebaikan dan keburukan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel“Cahaya Cinta dari‘Arsy”karya Yannah Akhras. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang mengandung moral. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik studi pustaka yaitu teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif.
Berdasarkan penyajian data dan analisis data novel “Cahaya Cinta dari ‘Arsy”karya Yannah Akhras menunjukkan bahwa aspek moral yang terdapat dalam novel tersebut adalah (1)moral dalampersoalanhubungan manusia dengan yang buruk seperti keegoisan dan marah (2) moral dalampersoalanhubungan manusia denganmanusia lainberupa moral yang baik seperti kepatuhan atau kesetiaan, kekeluargaan dan tolong menolong dan moral yang buruk seperti kelicikan dan pengkhianatan (3) moral dalampersoalan hubungan manusia denganalamberupa moral yang baik seperti penyatuan dengan alamdan moral yang buruk seperti pemanfaatan sumber daya alam yang merugikan (4) moral dalampersoalanhubungan manusia denganTuhanberupa moral yang baik seperti percaya kepada Tuhan dan tawakal dan moral yang buruk seperti musyrik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS NOVEL“CAHAYA CINTA DARI‘ARSY”KARYA YANNAH AKHRAS DITINJAU DARI ASPEK MORAL
Pengarang NUR FITRIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua