Detail Cantuman Kembali

HUBUNGAN GEOMETRI PELEDAKAN DANPOWDER FACTOR PADA PELEDAKANBLUE ZONE (BADROCK)DI PIT NAYOKO,WATULABU DAN PETEA PT. VALE INDONESIA, tbk,SOROAKO, KABUPATEN LUWU TIMUR,PROVINSISULAWESI SELATAN


Pada operasi penambangan di PT.Vale Indonesia, Sorowakoyangmerupakan salah satu induk perusahaan Nikel di Indonesiayang menggunakansistem tambang terbuka sebelum mendapatkanhasilQuarryyang mana hasil penambanganQuarrytersebut akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur tambang dan atau dipasarkan. Untuk mempermudah proses pemuatan material maka lapisanyang sudah tidak mengandung Nikel (Blue Zone) harus diledakkan terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran fragmentasi.
Penelitian dilakukan di 3 pit, yaitu Nayoko, Watulabu dan Petea dengan geometri peledakan yang dirancang olehdepartemenminingengineeringdengan subdept. MSRM, dan melakukan perhitunganpowder factorberdasarkan data penggunan bahan peledak di lapangan secara aktual.
Secara teoritis geometri peledakan rata-rata yang diperoleh adalahburden5.86 meter, spacing6.73 meter. Dari geometri peledakan secara teoritis nilai powder factor yang dihasilkan adalah 0,11kg/m3,untuk geometri peledakan secara aktual rata-ratadilapangan nilai powder factoryang dihasilkan adalah 0,18kg/m3. Apabila dilakukan metoderule of thumbdilapangan makanilai rata-ratapowder factoryang dihasilkan adalah 0.15 kg/m3.Kata Kunci : Pertambangan, Peledakan,Geometri Peledakan,Powder Factor.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN GEOMETRI PELEDAKAN DANPOWDER FACTOR PADA PELEDAKANBLUE ZONE (BADROCK)DI PIT NAYOKO,WATULABU DAN PETEA PT. VALE INDONESIA, tbk,SOROAKO, KABUPATEN LUWU TIMUR,PROVINSISULAWESI SELATAN
Pengarang NI MADE AYU DWI KARTIKA WIRADANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua