Detail Cantuman Kembali
SRI WAHYUNINGSIH - Personal Name

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVELAPI AWAN ASAP KARYA KORRIE LAYUNRAMPAN

Sri Wahyuningsih. 2019. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Api Awan Asap karya Korrie Layun Rampan. Fakultas Keguruan dal ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Dibimbing oleh. Dr. H. Mursalim, M. Pd Selaku pembimbing I dan Meita Setyawati, S. Sn.,M.A Selaku pembimbing II.
Kata Kunci : Novel, Nilai Pendidikan Karakter
Latar belakang Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Api Awan Asap karya Korrie Layun Rampan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysisyang bertujuan mengetahui isi dan makna yang terkandung dalam data yang dianalisis. Kegiatan yang dilakukan adalah membaca, mencermati, menafsirkan, dan menganalisis novel Api Awan Asapkarya Korrie Layun Rampan. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks, novelApi Awan Asapkarya Korrie Layun Rampan, catatan, dan buku-buku literature yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, teknik catat, dan teknik kajian pustaka.
Penelitian ini bertujuan Untuk Mendeskripsikan nilai Pendidikan karakter dalam novel Api Awan Asap karya Korrie Layun Rampan. Pengumpulan datadilakukan dengan teknik membaca danmencatat, sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui penelitian berdasarkan apa adanya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam novel Api Awan Asapkarya KorrieLayun Rampan yang terungkapyaitu terdapat 5 nilai. 1. Nilai tegar 2. Nilai kejujuran 3. Nilai berprinsip 4. Nilai
kemandirian 5. Nilai kreatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pada novel Api Awan Asap karya Korrie Layun Rampan ini mengambarkan kehidupan dayak Benuaq. Dalam novel tersebut dapat diketahui bagaimana kehidupan warga dan lingkunganya, serta sikap yang dilakukan para warga dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dari segi nilai pendidikan karakter dalam novel tersebutterdiri atas nilai (a) kejujuran (b) tegar (c) berprinsip, (d) kreatif dan (e) mandiri. Nilai-nilai karakter tersebut di sajikan dengan memperlihatkan bagaimana sikap yang dilakukan oleh para tokoh maupun warga dalam menjalani kehidupanya dengan salingbersikap yang menunjukkan kebaikan, bertanggung jawab, taat aturan, menjujung tinggi adat, tradisi, dan budaya,

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVELAPI AWAN ASAP KARYA KORRIE LAYUNRAMPAN
Pengarang SRI WAHYUNINGSIH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua