Detail Cantuman Kembali
SRI EKA RAHMADANI - Personal Name

ANALISIS PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 SAMARINDA

Sri Eka Rahmadani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013. Analisis Penggunaan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Jawatir Pardosi, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Muhamad Sopyan, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (a) Proses pembelajaran sejarah menggunakan metode brainstorming di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Samarinda (b) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode brainstorming pada mata pelajaran sejarah di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 35 orang dan satu guru mata pelajaran sejarah kelas XI. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa(a) metode brainstorming dalam pelaksanaannya sesuai dengan langkah-langkah metode tersebut, peserta didik antusias dan aktif dalam pembelajaran, serta melatih peserta didik utuk mengemukakan pendapatnya, sehingga penggunaan metode brainstorming ini cocok diterapkan di kelas karena menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran sejarah(b) kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran diantaranya: kondisi kelas yang tidak kondusif pada awal pembelajaran dan fasilitas jaringan internet yang terganggu, sehingga menghambat proses pembelajaran.
Kata kunci : brainstorming, pembelajaran sejarah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 SAMARINDA
Pengarang SRI EKA RAHMADANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua