PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI 3 SAMARINDA
Aprilia Ayu Hartinah, 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B TK Barunawati 3 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Sunarno, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Wiwik Haryani, M.Pd selaku pembimbing II.
Perkembangan kognitif anak usia dini terbentuk lebih cepat pada empat tahun pertama kehidupan. Kegiatan simulasi sebagai metode pembelajaran berbasis situasi tiruan ini dapat memberikan pengalaman langsung dan meningkatkan pemahaman tentang suatu konsep pengetahuan sehingga dijadikan sarana untuk mengoptimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini oleh guru di lembaga sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan metode pembelajaran simulasi dalam pengembangan kognitif disertai faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam penerapan metode pembelajaran simulasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi kepada sembilan anak usia dini kelompok B dan wawancara mendalam kepada guru dan kepala sekolah TK Barunawati 3 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan metode pembelajaran simulasi sudah dirancang dengan baik oleh guru, khususnya penataan lingkungan belajar; (2) pelaksanaan metode pembelajaran simulasi sudah diterapkan secara sistematis oleh guru dengan berpedoman pada langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah penutup; (3) pengembangan kognitif yang tercapai dengan metode pembelajaran simulasi ialah rasa ingin tahu, imajinasi, bahasa, dan konsentrasi berkembang sesuai harapan (BSH); (4) adanya faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran simulasi dalam mengoptimalkan pengembangan kognitif anak yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran simulasi dapat diterapkan untuk mengoptimalkan pengembangan kognitif pada anak usia dini, tentunya dengan memaksimalkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Simulasi, Pengembangan Kognitif
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI 3 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | APRILIA AYU HARTINAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY