Detail Cantuman Kembali
APRILIA AYU HARTINAH - Personal Name

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI 3 SAMARINDA

Aprilia Ayu Hartinah, 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B TK Barunawati 3 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Sunarno, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Wiwik Haryani, M.Pd selaku pembimbing II.
Perkembangan kognitif anak usia dini terbentuk lebih cepat pada empat tahun pertama kehidupan. Kegiatan simulasi sebagai metode pembelajaran berbasis situasi tiruan ini dapat memberikan pengalaman langsung dan meningkatkan pemahaman tentang suatu konsep pengetahuan sehingga dijadikan sarana untuk mengoptimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini oleh guru di lembaga sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan metode pembelajaran simulasi dalam pengembangan kognitif disertai faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam penerapan metode pembelajaran simulasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi kepada sembilan anak usia dini kelompok B dan wawancara mendalam kepada guru dan kepala sekolah TK Barunawati 3 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan metode pembelajaran simulasi sudah dirancang dengan baik oleh guru, khususnya penataan lingkungan belajar; (2) pelaksanaan metode pembelajaran simulasi sudah diterapkan secara sistematis oleh guru dengan berpedoman pada langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah penutup; (3) pengembangan kognitif yang tercapai dengan metode pembelajaran simulasi ialah rasa ingin tahu, imajinasi, bahasa, dan konsentrasi berkembang sesuai harapan (BSH); (4) adanya faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran simulasi dalam mengoptimalkan pengembangan kognitif anak yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran simulasi dapat diterapkan untuk mengoptimalkan pengembangan kognitif pada anak usia dini, tentunya dengan memaksimalkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Simulasi, Pengembangan Kognitif


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI 3 SAMARINDA
Pengarang APRILIA AYU HARTINAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua