PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BERHITUNG MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Juraini, 2011, Peningkatan Prestasi Belajar Berhitung Melalui Media Gambar Pada Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun 2010/2011, penulis penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.M.Rifai Ilyas,M.Kes selaku pembimbing 1 dan Ibu Warsinah,S.Pd. selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Berhitung Melalui Media Gambar Pada Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun 2010/2011.
Jenis Penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas, Subjek Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada Kelompok B Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011 di Taman Kanak-kanak Tunas Rimba. Kelompok B TK Tunas Rimba 1 Samarinda berjumlah 21 anak, semua siswa tersebut terlibat di dalam penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar.
Teknik pengumpulan data yang akan penulis gunakan dalam penelitian tindakan kelas ini sebagai berikut : Teknik Hasil Percakapan murid,Teknik Pengamatan/Observasi dan Teknik Dokumentasi.
Didalam melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan beberapa siklus yang digunakan didalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti baru mendapatkan hasil yang diinginkan pada siklus kedua. Pada penelitian tindakan kelas ini digunakan analisis deskripsi kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh.
Penggunaan media gambar binatang seperti gambar kambing, sapi untuk mengenalkan konsep berhitung permulaan dapat meningkatkan kemampuan belajar anak terlihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan anak dalam siklus 1. 2,23 dengan keterangan cukup, meningkat menjadi 3,13 dengan keterangan baik dalam siklus 2.
Banyaknya anak belajar dan berlatih dalam proses belajar mengajar menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep berhitung, hal ini dapat terlihat dari persentase ketuntasan belajar sebelumnya 56% dan sesudahnya 79%.Proses belajar mengajar menggunakan media gambar sangat menarik perhatian murid dan meningkatkan motivasi murid untuk mengikuti pelajaran mengenal konsep berhitung permulaan di Taman Kanak-kanak.
Kata Kunci : Penggunaan Media Gambar, Konsep berhitung permulaan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BERHITUNG MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
---|---|
Pengarang | JURAINI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2011 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY