Detail Cantuman Kembali
PRIMA ADE SURYANATA - Personal Name

STUDI TENTANG BUDAYA KERJA APARATUR DI KANTOR CAMAT MUARA JAWA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Prima Ade Suryanata, Studi tentang Budaya Kerja Aparatur di Kantor Camat Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan Bapak Dr Antonius Margono, M.Si dan Bapak Dr. Iman Surya, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis Budaya Kerja Aparatur di Kantor Camat Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara yang dipimpin Bapak Camat Safruddin,S.Sos.,MM beserta faktor yang mendukung dan menghambatnya. Untuk dapat menjawab tujuannya, penelitian ini difokuskan pada tanggung jawab, Profesionalisme, Kreativitas Kerja, Kecermatan dan Kedisiplinan Kerja Aparatur.
Jenis penelitian ini diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor Camat Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara. Data primer berasal dari wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive, hasil pengamatan langsung, didukung dengan data sekunder yang berasal dari data tertulis yang dimiliki oleh instansi. Pengolahan data dan penarikan kesimpulan penelitian dilakukan melalui analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya kerja aparatur di Kantor Camat Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dapat dikatakan sudah cukup baik dan mengarahkan pada
pencapaian kinerja organisasi. Pada aspek tanggung jawab, aparatur telah bekerja sesuai tupoksi dan mampu menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya secara tuntas. Pada aspek profesionalisme, sebagian besar aparatur telah memiliki kemampuan, keahlian dan ketrampilan yang ditingkatkan melalui beberapa diklat. Dalam hal kreativitas kerja, aparatur telah mampu menciptakan terobosan-terobosan cara kerja baru seperti PATEN dan aplikasi pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan pekerjaan dan meingkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal kecermatan, aparatur telah bekerja secara cermat dan teliti sesuai dengan sistem yang ada dan sesuai SOP yang telah ditentukan sebelumnya. Pada sikap kedisliplinan dalam bekerja, sebagian besar pegawai telah dapat memanfaatkan waktu kerja dengan sebaik-baiknya dan sesuai aturan disiplin kerja. Faktor pendukung budaya kerja aparatur di Kantor Camat Muara Jawa
adalah adanya dasar peraturan yang jelas tentang penerapan budaya kerja di lingkungan pemerintah, dukungan dari pimpinan, motivasi kerja dan kesadaran dari para pegawai. Sedangkan faktor yang menghambat pengembangan budaya kerja meliputi kurangnya sarana dan prasarana kerja dan pendistribusian beban kerja yang belum merata.




Kata Kunci: Budaya Kerja, Kinerja, Aparatur Pemerintah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG BUDAYA KERJA APARATUR DI KANTOR CAMAT MUARA JAWA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang PRIMA ADE SURYANATA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Budaya Kerja, Kinerja, Aparatur Pemerintah.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua