Detail Cantuman Kembali
DZIKRI AMALIA NURDIANTI - Personal Name

BIG BOOK MENYIKAT GIGI SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK MENYIKAT GIGISISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II SDN 014 SUNGAI PINANG SAMARINDA TAHUN 2018)

ABSTRAK Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak usia sekolah dasar dan pencegahannya dapat dilakukan dengan menyikat gigi. Dalam menyempaikan pesan kesehatan secara efektif maka perlu digunakan media pembelajaran, Big Book merupakan salah satu media yang telah banyak digunakan di bidang pendidikan sebagai media belajar yang efektif menjangkau seluruh murid dalam kelas disebabkan keunggulan bentuk dan fungsinya, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, media tersebut juga ingin diterapkan dalam promosi kesehatan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian di bidang pendidikan kesehatan menggunakan media promosi kesehatan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta praktik menyikat gigi pada siswa.Penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design telah dilakukan pada Okober – November 2018 terhadap 46 orang siswa SD kelas II di SDN 014 Sungai Pinang Samarinda yang diambil secara total sampling (23 siswa pada kelompok perlakuan, 23 siswa pada kelompok kontrol). Alat ukur yang digunakan yaitu lembar angket dan lembar observasi.Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test dengan = 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan pada pengetahuan menyikat gigi siswa terdapat terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan (p = 0.000) dan praktik (p = 0.000) sebelum dan sesudah diberikan media Big Book pada kelompok eksperimen, tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antarapengetahuan (p = 0.090) dan praktik (p = 0.934) sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol, perbandingan rata-rata pengetahuan dan praktik antara kelompok eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan (p = 0.000) dan perbedaan praktik yang signifikan (p = 0.000).
Dapat disimpulkan bahwa Big Book berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan praktik menyikat gigi siswa.Disarankan agar media Big Book dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bagi tenaga kesehatan maupun bagi sekolah dalam mempromosikan kesehatan terkait menyikat gigi kepada siswa agar penyampaian promosi kesehatan dapat efektif mengenai sasaran sesuai dengan karakteristiknya.
Kata kunci : Menyikat gigi, Big Book, promosi kesehatan Kepustakaan : 46, (2000-2017)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul BIG BOOK MENYIKAT GIGI SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK MENYIKAT GIGISISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II SDN 014 SUNGAI PINANG SAMARINDA TAHUN 2018)
Pengarang DZIKRI AMALIA NURDIANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua