Detail Cantuman Kembali
RISMAWATI - Personal Name

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DISCLOSURE TERHADAP KINERJA FINANSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA

Rismawati. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Kinerja Finansial pada Perusahaan Manufaktur Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pembimbing ibu Hj. Nurita Affan dan ibu Annisa Abubakar Lahjie.
Permasalahan lingkungan di Indonesia merupakan faktor penting yang harus dipikirkan mengingat dampak dari buruknya pengelolan lingkungan yang semakin nyata. Permasalahan lingkungan juga semakin menjadi perhatian yangserius, baik oleh konsumen, investor maupun pemerintah. Kepedulian terhadap lingkungan sebenarnya muncul akibat dari berbagai dari pihak luar perusahaan, antara lain: pemerintah, konsumen, investor, masyarakat, pesaing dan lain-lain.
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh corporate social responsibility disclosure sebagai variabel independen terhadap kinerja finansial sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia dan menerbitkan laporan tahunan pada tahun 2015-2017. Jenis dari penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dengan pengujian hipotesis yang merupakan penelitian dalam menjelaskan fenomena hubungan antara variabel. Teknikpengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapat 23 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian dan didapatkan 69 data penelitian selama 3 tahun dari 2015-2017. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan regresi linier sederhana dan sebelum dilakukan uji hipotesis telah dilakukan uji normalitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibilitydisclosure berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja finansial pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yangterdaftar di bursa efek indonesia yang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0.021 < 0.05 dengan nilai t hitung sebesar 2.361.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Kinerja Finansial

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DISCLOSURE TERHADAP KINERJA FINANSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA
Pengarang RISMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua