Detail Cantuman Kembali
ANDI IIS DAHLIA - Personal Name

STUDI TENTANG PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 SAMARINDATAHUN AJARAN 2018/2019

Andi Iis Dahlia,2018. Studi Tentang Prokrastinasi Akademik Siswa kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dibimbing oleh Rury Muslifar, S.Pd,M.Pd selaku pembimbing I dan Dwi Sona, S.Pd,M.Pd selaku pembimbing II.
Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan seseorang untuk menunda– nunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas akademik yang sedang ia hadapi yang pada akhirnya akan mengakibatkan kecemasan karena tidak bias menyelesaikan tugas tepat wajtu. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda yakni pada siswa AR,FL,MF,SA kelas XI IPS 3. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai keabsahan data dimana menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa AR, FL, MF, SA berperilaku prokrastinasi akademik. Hal ini di dapat dari hasil wawancara kepada 7 responden yaitu 1 guru BK, 1 wali kelas (guru bidang studi), 1 teman sebaya dan siswa AR,FL,MF,SA itu sendiri. Jenis prokrastinasi yang dilakukan oleh siswa AR,FL,MF,SA adalah menunda tugas mengarang, menunda belajar menghadapi ujian, menunda membaca, menunda kinerja akademik keseluruhan.
Penyebab siswa AR,FL,MF,SAberperilaku prokrastinasi akademikada dua yaitufaktor internal meliputi kondisi fisik dan kondisi psikologis individu, faktor eksternal meliputi pola asuh orangtua dan kondisi lingkungan siswa. Dampak siswa AR,FL,MF,SA berperilaku prokratsinasi akademik ada dua, yaitu dampak internal dan dampak eksternal. Penanganan terhadap perilaku prokrastinasi akademikdari guru BK yaitu dengan memberikanpembinaan. Layanan yang digunakan adalah layanan konseling individu. Konseling individu dilakukan secara bertahap dari mengidentifikasi masalah siswa sampai ketindak lanjutnya.
Kata Kunci:Prokrastinasi Akademik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 SAMARINDATAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang ANDI IIS DAHLIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua